Marketing Analytics
				
			
		Pengertian Marketing Analytics (MA)
MA adalah sebuah proses pelacakan dan analisis data dari suatu aktivitas Pemasaran dengan tujuan untuk melihat pencapaian sasaran (target) Perusahaan secara KUANTITATIF
MA sangat berguna bagi seorang indivu maupun sebuah Organisasi dalam mengukur sebuah kinerja, membuat sebuah keputusan yang strategis atau merambah suatu pasar baru.
Sumber Data
Penting untuk diketahui bahwa kita harus mendapatkan data terlebih dahulu, menjumlahkan data-data tersebut, lalu mengorganisirnya dan terakhir adalah menganalisis data-data tersebut. Kehati-hatian juga perlu dilakukan dalam membuat visualisasi data agar hasil analisis datanya tidak bias.
Kehatian-hatian yang dimaksud adalah melakukan beberapa langkah-langkah sebelum membuat chart dan analisis (lihat Artikel "Data Analytics"). Tujuannya adalah supaya hasil analisis datanya tidak bias sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang strategic
Sumber data dapat dikategorikan ke dalam 3 kategori, yaitu Data Primer, Data Sekunder dan Data dari pihak ke tiga :
1. Data Primer :
Data Primer adalah data yang didapatkan langsung dari para Pelanggan Perusahaan. Data ini merupakan data yang paling reliable dan akurat serta dapat dipercaya karena Perusahaan mendapatkan informasi mengenai perilaku, pendapat dan yang dirasakan oleh pelanggan tersebut.
Cara mendapatkan data primer dilakukan melalui SURVEY, A/B Test, Iklan Berbayar dan/ atau Konten interaksi yang bersifat Organic (Tidak berbayar)
2. Data Sekunder :
Kurang lebih mirip dengan Data Primer namun pelanggannya bukan dari Perusahaan Anda melainkan Pelanggan dari Perusahaan yang memiliki data tersebut. Data sekunder ini dapat dikumpulkan dan digunakan apabila tipe-tipe Audiens nya sama atau mirip dengan yang Anda miliki.
3. Data Pihak Ketiga :
Merupakan sumber data yang diperjualbelikan oleh Organisasi tertentu. Tipe data ini kurang reliable namun dapat digunakan sebagai gambaran umum dari perilaku pelanggan yang memiliki produk atau bisnis yang sama dengan yang Anda miliki.
Analisis Pasar (Marketing Analytics) sangat penting dilakukan karena alasan berikut ini:
Kenapa harus menggunakan Marketing Analytics?
Bagaimana melakukan Marketing Analytics?
Wawasan yang diperoleh dari hasil analisis pasar dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana produk/ brand Perusahaan kita dikenal, disukai atau bahkan memperoleh repeat order. Kita juga dapat dengan mudah mengetahui perbandingan sebaran pelanggan yang membeli produk Perusahaan di seluruh area jangkauan pasar yang kita miliki. Demikian juga dengan segementasi pasar sehingga Perusahaan dapat memproduksi produknya sesuai dengan segemen pasar yang dimiliki. Dengan demikian penggunaan anggaran produksi menjadi lebih efektif dan lebih efisien
Oleh karenanya kita perlu mengenal parameter-parameter pengukuran yang digunakan dalam Marketing Analytics. Parameter-parameter di bawah ini dapat digunakan sesuai target yang ingin dicapai:
Masih ada beberapa parameter pengukuran lagi yang tidak dicantumkan di atas seperti CPC, Bounce rates, dan lain-lain.
Kesimpulan
Marketing Analytics memberikan Anda kemampuan untuk mengubah data mentah (raw data) menjadi sebuah wawasan yang dapat dijadikan acuan dalam perbaikan operasional Perusahaan ke depannya serta untuk penetrasi pasar.
Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut?
Silahkan klik tombol di "Next" atau Klik tombol WhatsApp pada Icon WhatsApp di pojok kanan bawah untuk menanyakan langsung kepada kami
					
Awesome https://is.gd/tpjNyL
Thank you… Should need further information regarding this article or you in need of our service, please do not hesitate to contact us.
Awesome https://rb.gy/4gq2o4